Pemrograman Java Dasar


Belajar Java, dimulai dengan cara manual. Menggunakan cmd, lumayan rumit. Tapi justru belajar lebih baik dari yang rumit baru yang mudah.
Dan pada Praktek Java yang pertama ini, kita akan membuat tampilan "Hello World".
Disini saya akan menerangkan bagaimana cara membuat tampilan "Hello World" dan akan saya jelaskan maksud dari setiap perintah-perintahnya.

1. Buka Notepad
   Bisa menggunakan Notepad bawaan Windows atau Notepad++ sama saja.
   Tuliskan Coding seperti dibawah ini :

public class Hello
{
public static void main(String[] args)
{
System.out.println("Hello world!");
}
}

Penjelasannya adalah :
a. Pada bagian a ini terdapat : public class Hello . Artinya adalah program tersebut memiliki nama class yaitu Hello. Setiap akan membuat program dalam Java, haruslah mendeklarasikan class terlebih dahulu. Karena setiap kode nantinya akan ditempatkan di dalam class. Dan disitu terdapat public, public merupakan access specifier yang berfungsi mengindikasikan bahwa class kita mempunyai akses bebas ke class lain.

b. Pada bagian b ini terdapat : public static void main(String[] args) yang berfungsi mengindikasikan nama suatu method dalam class Hello sebagai method utama. Method utama adalah titik awal pada pemrograman java.

c. Pada bagian c ini terdapat : System.out.println("Hello world!");   Perintah tersebut berfungsi untuk menampilkan kalimat "Hello World!" kalimat tentu dapat diganti sesuai selera. Dan kalimat yang akan ditampilkan selalu dan harus diberi tanda ("").

      Pada akhir perintah tersebut terdapat tanda ( ; ) dimana tanda tersebut berfungsi sebagai tanda untuk mengakhiri suatu perintah.

   Oiya dalam coding tersebut dapat kita lihat ada tanda kurung kurawal ( {} ). Tanda tersebut berfungsi menandakan awal blok ( { ) dan menandakan akhir blok ( } ) .

2. Setelah kita tuliskan Coding tersebut, lalu Simpan dengan nama file sesuai dengan nama class dan tentukan letak penyimpanannya dan jangan lupa file disimpan dengan format .java
   Misal : Disimpan di E:\SEKOLAH\Lain-Lain\For My Blog\Java\program\hello\Hello.java

3. Jika sudah, buka cmd.

4. Kemudian arahkan cmd ke folder tempat Anda menyimpan file Hello.java seperti dibawah ini :

5. Lalu ketikkan javac Hello.java Jika hasil seperti ini tetap, tidak perubahan berarti tidak ada yang error.
     Proses ini merupakan proses Compiler. Jadi setelah kita tulisan seperti itu coba Anda cek pada folder tempat Anda menyimpan file Hello.java tadi, Anda lihat disitu telah ada satu file lagi degan format .class Itu menandakan bahwa proses Compiler telah berhasil.

6. Selanjutnya ketikkan java Hello . Maka akan tampil kalimat Hello World!  yang menandakan program telah selesai dan berhasil.


Nah itu tadi adalah Praktek pertama kita. Masih sangat dasar. Semoga dapat Bermanfaat dan Selamat Mengembangkan kemampuan di dunia Java.

Aldena Oktavian Permatasari

Hi, my name is Aldena Oktavian Permatasari. Just call me Dena or Al, i actually preferred to be called Al hehehe. I was born on 1996, you can calculate by yourself about my age hehehe. I am studying Information System, i have a little skill in programming.

No comments:

Post a Comment